Program Penguatan Implementasi SPMI di UMBY

Peningkatan jumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta setiap tahunnya membuktikan bahwa kualitas pendidikan di UMBY makin dipercaya oleh masyarakat. Makin banyak orang tua yang mempercayakan putra-putrinya untuk dididik di UMBY. Untuk mempertahankan kepercayaan tersebut maka mutu pendidikan harus selalu dijaga dan ditingkatkan. Oleh karena itu dalam rangka Dies Natalis UMBY ke 30, Direktorat Penjaminan Mutu UMBY menyelenggarakan Program Penguatan Implementasi SPMI yang diikuti oleh seluruh fakultas, program studi dan unit kerja lain yang ada. Untuk keperluan tersebut pada hari Selasa, 17 Mei 2016 telah diselenggarakan sosialisasi Sistem Pejaminan Mutu Internal.

Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, M.Si, MM.,dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi SPMI dan program penguatan implementasinya dilakukan guna mewujudkan visi UMBY yaitu menjadi universtas unggul, mutu dan bermanfaat bertaraf internasional pada 2029.

“Mewujudkan mutu yang unggul, salah satunya dengan menjaga dan meningkatkan sistem penjaminan mutu yang telah ada dan mengembangkan implementasinya hingga program studi maupun unit kerja lainnya”, tambah Alimatus Sahrah.

Melalui kegiatan tersebut para pimpinan fakultas, program studi dan unit kerja dibekali berbagai materi implementasi SPMI serta penyiapan dokumen SPMI dimasing-masing unit. Setelah kegiatan tersebut setiap unit kerja yang ada diwajibkan untuk menyusun struktur SPMI di unit masing-masing serta menyiapkan dokumen SPMI-nya. Diharapkan untuk menjamin peningkatan mutu pendidikan di UMBY, langkah-langkah SPMI yang meliputi P(penetapan) P (pelaksanaan) E (evaluasi) P (pengendalian) P (peningkatan) standar pendidikan tinggi dapat terlaksana dengan baik dan kontinu.

Sosialisasi ini diisi oleh Dr.Ir. Wisnu Adi Yulianto, MP., Dra. Umul Aiman, M. Si., Ch.Lilis Suryani,S.TP,MP., dan Ir. Wafit Dinarto, M, Si. Serta diikuti oleh seluruh dekan,wakil dekan, ketua program studi, sekretaris program studi, serta kepala unit kerja lainnya di lingkungan UMBY.